Upgrade Wawasan Banking

on 14 Juni 2012
Over time justru bisa menambah wawasan saya mengenai dunia banking terutama bank mandiri. sedikit cerita, Kartu ATM saya ini tertelan diATM yang ada di mirota kampus gejayan. Tidak seperti biasanya operasional mesin ATM tersebut. Setelah perintah ambil uang yang seharunya uangnya keluar tapi malah kartu yang keluar. Saya biarkan saja akhirnya masuk lagi ke Mesin dan uangpun akhirnya keluar, namun setelah uang saya masukkan dompet, kartunya nggak mau keluar. ngambek kali ya tuh mesin. :D
tepatnya selasa sore spulang kerja dari kantor kecamatan pakis magelang, skitar jam 15.00, saya meluncur ke bank mandiri untuk meminta kartu ATM baru. namun syaratnya tidak lengkap jd tidak bisa proses pada hari itu juga.

dihari berikutnya saya datang lagi dan sampai sana jam 15.10, yang seharusnya sudah berhenti layanan. namun untuk CS ternyata masih bisa melayani meski antrean untuk CS sudah ditutup. setelah menjelaskan permasalahan akhirnya dilakukan pembaharuan ATM dengan mengisi form dan surat penyataan.

selama jeda proses itu sempat ada banyak sekali pertanyaan pertanyaan yang melintas dari saya mengenai pengetahuan bisnis online yang tentunya berkaitan dengan bank.

dari permulaan saya menayakan mengenai fasilitas debit card dengan credit card. Dimana keduanya memiliki perbedaan.

Debitcard ini bisa digunakan untuk belanja secara online ataupun offline. Dimana tagihan langsung memotong dana di rekening debitcard tersebut. belanja online pun bisa dilakukan menggunakan debitcard ini. yang saya tangkap lumayn ribet untuk menggunakan fasilitas ini. saat mau beli barang di singapura misalkan, nanti kita akan ditelpon dari bank mandiri untuk konfirmasi apakah benar kita akan melakukan pembayaran untuk belanja online disapura. selain itu juga akan ditanyakaan konfirmasi pertanyaan mengenai hal-hal rahasia atau private dari kita. Hal tersbut dilakukan semata-mata untuk kemanan pelanggan. Biaya untuk melakukan pembayaran ini di berikan  fee sebesar 1/8 dari biaya tagihan. lumyan mahal juga ini.

Selanjutnya mengenai credit card, dimana untuk memiliki kartu dan layanan ini harus bisa melengkapi persyaratan antara lain seperti slip gaji, npwp dll. kurang begitu tahu kelengkapannya. karena brosur ini tdak diberikan kepada calon nasabah credit card untuk dibawa pulang kecuali benar-benar mendaftar. Credit Card ini bisa digunakan untuk memverifkasi Paypal (prosesor bank online). Dimana langkahnya nanti akan ada pengiriman uang ke PP dari mandiri yang kemudian akan dikirm balik lagi ke bank, biaya ini seingant saya skitar $9. Selanjutnya nanti untuk CC ada biaya-biaya juga tapi kalu ini biaya setiap tahun dan jumlahnya tergantung model CC yang dipakai ada yang maksimal 6jt, 10jt, 25jt.

Selanjutnya saya menanyakan mengenai pencairan check amazon. mereka justru memberikan masukan kemudahan untuk menggunakan SWIFT. Dinama untuk mengkonfigurasi pembayaran seperti halnya redirect langsung ke rekening bank lokal. yaitu dengan memasukkan kode SWIFT (kode bank secara internasional). dan biaya yang dikenakan juga ambil dari jumlah yang ditranfer yaitu sebesar 1/8 dari jumlah uang.

Penggunaan Kode SWIFT ini sepertinya mempermudah untuk hal pembayaran, tinggal kita mempertimbangkan dengan biaya yang dikeluarkan dibanding dengan pebayaran menggunakan check lebih murah mana. semakin banyak uang yang ditranfer semakin banyak pula  biaya yang dikeluarkan. Namun keamanan dan ketepatan waktu menerima gaji lebih cepat.

belum pulang juga, saya punya pertanyaan lagi mengenai card yang ada dirak brosur. yaitu etoll yang merupakan fasilitas baru yang merupakan fasilitas dri mandiri untuk menyaingi flazz-nya BCA.

memang kalau kita lihat perkembangan banking diIndonesia kedua bank ini selalu bersaing. Biaya transfer antar bank inipun masih dikenakan biaya 5rb. Dimana di situ ada ATM Mandiri, disampingnya pasti ada ATM BCA. haha..

Di Magelang ini dari penututran sang CS Mandiri mengembangkan dengan menambahakn mesin ATM di sudut2 penting di magelang, seperti artos, borobudur, dan lainnya.

kembali lagi mengenai EtollCard. Dimana ini merupakan kartu prabayar yang dimaksdukan untuk mengumpulan uang kartal kecil seperti 7 rupiah, 24 rupiah dan uang pecahan yang tidak dibuat oleh Indonesia. sistem ini mirip dengan kartu voucher pulsa yang dapat dibeli di tempat-tempat ertentu dengan harga mulai dari 20rb, dan dengan perdana 100rb. Etoll ini merupakan fasilitas yang baru dikeluarkan oleh pihak bank mandiri.

Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja, untuk pembayaran parkir, uang toll, tagihan listrik dll. Cukup dengan menggesek kartu pada scanner yang ada.
Menariknya kartu ini bisa dimiliki oleh orang umum, artinya tidak harus merupakan nasabah bank mandiri.

kartu ini sedang dalam tahap pengembangan, jadi masih ditempat-tempat tertentu bisa menggunakan kartu ini. semisal nanti kita punya 100rb dan kepai 9000, kemudian suatu hari kartu ini hilang. maka sama saja kehilangan uang 91000 karena siapapun bisa menggunakan kartu ini, meskipun bukan yang beli.

Kedepannya untuk pembelian bensin pun bisa menggunakn kartu ini. Di magelang SPBU yang sudah menggunakn kartu ini adalah SPBU Kebonpolo. Silahkan jika sampeyan isi bensin disana tanyakan atau lihat ada logo EtollCard dari mandiri.

Waktu itu saya diminta untuk beli, namu karaena nggak ada uang cash sejumlah 100rb saya bilang laen kali saja. penasaran juga dengan perkembangan IT dalam penerapan dikehidupan. joss..!!
demikian, semoga bermanfaat.

3 komentar:

Sang Nanang mengatakan...

datangnya sebuah masalah ternyata membuka pintu pengetahuan yang lebih luas kan? Makane anak sekolah/kuliah sering diberi soal oleh pengajaranya krn dengan menyelesaikan soal/masalah, pengetahuan kita bertambah!

Unknown mengatakan...

Kudu sabar kalau ada masalah, karena pasti ada hikmah dan nilai2 positif yang tidak diduga sebelumnya..

Pak Suyarno mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan NYAI RONGGENG awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi NYAI RONGGENG DI 085-286-344-499 kata NYAI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi NYAI RONGGENG di 0-8-5-2-8-6-3-4-4-4-9-9 situsnya http://pesugihan-uang-balik-asli.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa tengah, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi NYAI RONGGENG pasti akan di bantu NYAI juga bisa memebantu anda melealui JALAN ANKA TOGEL ATAU DENGAN ANKA GOIBNYA SAMA BISA MEMBUAT ANDA SUKSES.AMIN

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, semoga tulisan Anda membangun perkembangan Blog ini. terimakasih.