Ekspresi Kelulusan Pelajar

on 8 Juni 2012
Liburan.. hmm..  Dipergantian tahun ajar para pelajar mutlak untuk libur. Saat ini saya tidak akan membahas apa saja yg biasanya dilakukan pelajar untuk mengisi liburan setiap tahunnya, ataa pengalaman saya sendiri. Dengan tema wajib bulan juni ini, saya terfikirkan untuk memotret mengenai kelulusan adek-adek smp atau sma di magelang atau jogja pada khususnya. Karena saya sendiri disetiap liburan kegiatannya juga monoton, dirumah saja. mungkin sedikit sekali hal-hal menarik yang perlu dibahas.

Menurut saya budaya atau kebiasaan lulusan SMA, setelah pengumuman kelulusan UN, itu kebanyakan pelajar mengekpresikan dengan convoey. Dan convoy itu pun dilengkapi dengan corat-coret baju dengan pilox atau cat.

Apasih keuntungannya? Apa salah jika ikutan convoey dan corat-coret seperti itu?
jawabannya juga tergantung persepsi dari masing-masing individu.

Cuman yang saya perhatikan dan cukup membuat saya heran itu, siswa SMP yang merayakan kelulusannya dengan kegiatan diatas. Corat-coret baju sekolah. Diihat dari manfaatnya itu jelas tidak ada. Baju SMP kan masih bisa dipakai untuk SMA, kalau tidak bisa disumbangkan untuk temen2 yang tidak punya seragam untuk sekolah. Sebenarnya motivasi apasih yang bikin mereka seperti itu? apakah karena ikutan trend-nya anak-anak SMA?

Kalau untuk SMA kan memang mereka sudah tidak jadi pelajar lagi. tidak mengenakan seragam putih abu-abu lagi, jadi alasannya lebih tepat untuk corat-coret baju. Tapi bukan begitu saya setuju dengan budaya seperti itu. :p

Saya lihat di SMA Nageri 2 Kota Magelang, melakaukan kegiatan positif setelah lulus, yaitu dengan menyumbangkan seragam SMAnya melalui pihak sekolah. Ini menunjukkan kalau seragam itu masih bisa bermanfaat dan membawa berkah untuk bisa digunakan kembali.

Bagi yang corat-coret itu memang hak pribadi mereka, itu juga seragam mereka, mereka yang beli. Jadi ini bisa menjadi suatu kebanggaan sendiri.

Selanjutnya mengenai convoey. Nah ini juga menjadi bahan pemikiran saya. Rata-rata lulusan SMP itu umuran 15 tahun atau 16 tahun. Nah KTP saja belum punya apalagi SIM C?

saat convoey itu saya lihat mereka boncengan dengan teman2 yang lainnya muter-muter jalan besar di kota, magelang-jogja. Dan yang bikin miris juga mereka tidak mengenakan helm. udah ngendarainnya ugal-ugalan.

Jaman ini sangat cepat sekali percepatan-percepatan. Tentunya dari penangkapan dan era globalisasi. SMP udah tahu convoey, bisa-bisa 5 tahun yang akan datang anak SD pun ikutan budaya convoey dan corat-coret. Semoga Pihak pendidik memperhatikan hal ini. dan ada tindakan khususnya sosialisasi agar tidak ada hal demikian.

2 komentar:

Sang Nanang mengatakan...

siswa SMP 1 Mgl katane malah konvoi onthel, lebih asyik kali!

Pak Suyarno mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan NYAI RONGGENG awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi NYAI RONGGENG DI 085-286-344-499 kata NYAI pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi NYAI RONGGENG di 0-8-5-2-8-6-3-4-4-4-9-9 situsnya http://pesugihan-uang-balik-asli.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa tengah, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi NYAI RONGGENG pasti akan di bantu NYAI juga bisa memebantu anda melealui JALAN ANKA TOGEL ATAU DENGAN ANKA GOIBNYA SAMA BISA MEMBUAT ANDA SUKSES.AMIN

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, semoga tulisan Anda membangun perkembangan Blog ini. terimakasih.