Dari Office ke PDF

on 1 September 2010

File PDF merupakan file yang berattribute readonly, sering digunakan oleh para penulis untuk mengemas artikel atau bukunya menjadi lebih mudah simpel dan dengan size yang kecil. PDF sering digunakan untuk membuat e-book (elektronik book).

Lantas bagaimana kita bisa membuat file PDF ini dari beberapa format file office seperti Ms Word, Excel dan teman2nya? Bagi pengguna open office (linux) dan Office 2010 bisa dengan mudah untuk membuat PDF. Menu itu ada di file>save as dan pilih ke format PDF.

Nah untuk yang masih menggunakan office 2007 kebawah menu itu belum ada. Berikut ada cara yang digunakan untuk membuat file PDf tersebut.

1. Cara Online
cukup mudah langkah untuk membuat nya, pertama masuk ke sini, dan siapkan file yang support (doc, docx, dot, rtf, xls, xlsx, csv, ppt, pptx, pot, pps, txt, jpg, gif, png,) Browse letak file , selanjutnya tekan tombol Print in PDF.


2. Cara Offline
Ini cara yang lebih simpel, karena dengan menginstal semacam plugin ke dalam office. Ada beberapa plugin atau aplikasi yang digunakan. Recomended dari saya adalah doPDF, aplikasi freeware yang bisa langsung diundauh dari website resminya atau bisa di sini.


Setelah download, instal dopdf, oya ada 2 versi yaitu untuk XP dan Seven. aplikasi ini akan aktif di office kita. cara membuatnya adalah dengan masuk ke menu file>print, pada printer Name pilih "doPDF", akan muncul jendela baru untuk menentukan dimana kita akan meyimpan hasil dari Convert PDF tersebut. mudah bukan.. :)

Sebenarnya pada artikel "Aplikasi wajib anak kuliah dan pelajar sukses (3)" itu telah dibahas mengenai aplikasi untuk membaca dan mengkonvert dari pdf ke doc, itu juga bisa digunakan untuk mambuat dari doc ke pdf, hanya masalahnya anda harus mendaftarkan NitroPDF tersebut terlebih dahulu. untuk hal ini insyalaallah akan saya bahas di artikel lainnya. Semoga bermanfaat,.. :)

5 komentar:

Anonim mengatakan...

so simple....

ariev mengatakan...

yap begitulah... :)
nggak perlu muluk2... ^^
simple tapi bermanfaat.. insyaallah.. ^^

G-Land mengatakan...

gampang banget yach jadinya..., dicoba ah..., makasi mas

Unknown mengatakan...

sama-sama mas..
semoga bermanfaat.. :)

sewa lcd projector surabaya mengatakan...

sederhana dan mudah di mengerti ntuk anak kuliahan tuch, nice info

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini, semoga tulisan Anda membangun perkembangan Blog ini. terimakasih.